Jual Beli Karya Digital NFT Tembus Rp 152 T!

Non Fungible Token atau yang disingkat NFT belakangan ini sedang naik daun. Dengan NFT ini, asset atau karya digital bisa dijual serta bisa diberikan kepastian tentang keasliannya.

Walaupun ada banyak duplikasi yang sudah beredar di internet sekalipun. Dikarenakan keistimewaan inilah, NFT pun jadi seringkali dipakai oleh orang – orang menjadi cara alternative demi menjual karya seni atau konten digital mereka.

Popularitas NFT ini juga makin meroket. Bahkan, nilai transaksi dari penjualan NFT juga telah memberikan cetakan rekor tertinggi yang baru.

Setidaknya, itulah data yang diberikan oleh firma riset pasar, DappRadar. Dari data terbaru milik appRadarm penjualan NFT pun sudah menembus angka paling tinggi yaitu sebesar 10,7 miliar dollar AS atau kurang lebih Rp 152 triliun di kartal III – 2021.

Nilai transaksi itu pun naik lebih dar 8 kali lipat jika diberikan perbandingan dengan kuartal II – 2021 di mana pada nilai transaksinya Cuma mencapai 1,3 miliar dollar AS atau kurang lebih Rp 18,5 triliun.

Pepolaritas NFT juga memang sudah mulai menanjak pada awal tahun 2021 ini. bisa dilihat dari nilai transaksi NFT yang sudah mulai melebihi 1 miliar dollar AS.

Sebelum ini, dari data DappRadar menunjukkan jika nilai transaksi NFT Cuma mentok pada 52,8 juta dollar AS saja pada akhir tahun 2020.

Kenaikan nilai transaksi itu sepertinya juga dibantu oleh tumbuhnya jumlah penjual serta pembeli NFT selama kuartal III – 2021.

Dari data sutus NonFungible, setidaknya ada sekitar 122.910 dompet kripto yang menjua serta juga ada 260.489 dompet kripto yang tercatat menjadi pembeli di minimal 1 NFT di kuartal ini.

Di periode sebelumnya pun pada kuartal II – 2021, jumlah penjual NFT tercatat pada angka 40.056 sementara untuk pembeli NFT sebanyak 97,658 dompet kripto.

Lalu untuk kuartal III 2021 ini, dompet kripto yang secara aktif berinteraksi bersama NFT tercatat sebanyak 412.578 dompet dimana angka ini naik dari kuartal sebelumnya yang Cuma 203,71 dompet.

Artikel yang Direkomendasikan