Tips Menggunakan Fitur SOS di Smartphone

Apple serta Google sudah lebih dulu membekali fitur ini ke maing – masing platformnya. Belakangan semakin banyak produsen perangkat yang juga menyertakannya.

Fitur darurat ini cukup bermanfaat karena ada berbagai scenario di mana kalian mungkin tidak bisa berbicara di telepon.

Namun dengan fitur ini, kalian akan bisa menemukan cara untuk mengirim lokasi ke orang yang kalian percaya.

Kalian juga bisa memiliki cara mudah untuk langsung menghubungi layanan darurat melalui fitur 0 fitur yang tersedia. Jadi, fitur ini disiapkan saat kalian mungkin membutuhkannya di masa mendatang. Fitur darurat tersedia pada iPhone, ponsel Android, atau smartwatch keluaran Garmin dan Apple.

 

1.Fitur Darurat di Iphone

Fitur Darurat di Iphone

Fitur SOS sudah tersedia saat kalian mengeluarkan iPhone dari kotaknya, namun ada beberapa cara untuk mengaturnya agar berfungsi dengan lebih baik.

Ini berfungsi di semua negara, tapi di beberapa tempat mungkin hanya dapat memilih satu layanan darurat tertentu.

Pertama, melakukan panggilan layanan darurat itu sederhana dari iPhone, tapi cara kerjanya berbeda tergantung pada model iPhone yang dimiliki.

Jika memiliki iPhone 8 atau lebih baru (yang keluar setelah 2017), kalian dapat menahan tombol power dan tombol volume. Kemudian, kalian akan menemukan penggeser di layar yang bertuliskan “Emergency SOS”.

Jika kalian menyeretnya, itu akan membuat panggilan langsung ke layanan darurat. Jika tidak, terus tahan tombol dan iPhone kalian akan mengeluarkan suara peringatan dengan hitungan mundur.

Hitungan itu akan selesai dengan telepon yang memanggil layanan darurat. Ini mengantisipasi jika kalian tidak dapat mengeluarkan ponsel dari saku.

Pada iPhone keluaran lama, kalian harus menekan tombol samping lima kali berturut-turut dengan cepat. Atau, bagi mereka yang berada di India, hanya perlu menekan tombol tiga kali.

Lalu akan muncul bilah geser Emergency SOS di mana kalian dapat segera melakukan panggilan. Ketika panggilan selesai, itu akan mengirim pesan teks ke kontak darurat kalian dengan lokasi kalian saat ini.

Kalian juga memiliki opsi untuk membatalkan sebelum pesan dikirim. Yang juga perlu diingat dan perlu ditekankan dalam tips teknologi ini adalah, agar fitur SOS ini berfungsi, kalian harus menyiapkan kontak darurat.

Kontak darurat ini bisa membantu fitur SOS untuk mengidentifikasi siapa yang harus dihubungi. Di perangkat Apple, orang – orang ini akan segera menerima pesan lokasi kalian setelah panggilan kalian ke layanan darurat.

Untuk mengatur ini, klik pada aplikasi Kesehatan dan tekan di gambar profil. Di sini, kalian akan menemukan opsi yang disebut ID Medis dan di bagian bawah halaman kalian akan menemukan opsi yang disebut kontak darurat.

Di sinilah kalian bisa memasukkan informasi kontak, hubungan, dan nomor telepon mereka juga, ketuk selesai setelahnya dan kalian sudah mengatur kontak darurat kalian. Kalian juga bisa memiliki beberapa di antaranya di iphone kalian sekaligus.

 

2.Fitur Darurat di Ponsel Android

Fitur Darurat di Ponsel Android

Pada ponsel android, fitur – fitur darurat ini berbeda bergantung pada produsennya. Kalian sering kali bisa menemukan informasi yang kalian butuhkan dengan mencari di Pengaturan Ponsel kalian seperti SOS Messages atau kata Emergency.

Misalnya, ponsel Samsung memiliki fitur yang disebut Send SOS Messages dengan cara menekan tombol samping tiga kali, dan akan secara otomatis mengirim pesan kepada seseorang tentang lokasi kalian.

Juga secara otomatis melampirkan gambar menggunakan kamera belakang dan depan kalian. Termasuk rekaman audio saat-saat sebelum pesan dikirim.

Pada ponsel Xiaomi, ada fitur yang disebut Emergency SOS yang akan mengirim pesan setelah kalian menekan tombol daya di ponsel kalian lima kali berurutan. Ini akan mengirimkan lokasi kalian dan pesan Emergency SOS, tapi tidak akan menyertakan citra atau rekaman audio.

Sementara pada ponsel OPPO dan Realme terpasang juga fitur SOS. Kalian dapat memilih antara panggilan telepon langsung ke kontak darurat, atau mengaturnya untuk mengirim pesan.

Tidak semua ponsel Android dapat mengirim pesan ke kontak kalian secara langsung. Jadi pastikan untuk mencari detail pabrikan ponsel kalian untuk melihat apakah ada yang terlewatkan.

Selain itu, ada aplikasi alternatif pihak ketiga yang mungkin ingin kalian jelajahi juga. Misalnya, Hollie Guard, aplikasi khusus yang dirancang agar seseorang dapat mengawasi lokasi kalian dari jarak jauh saat melakukan perjalanan.

Kalian juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp untuk membagikan lokasi spesifik kalian pada saat-saat tertentu. Ini jelas tidak akan menjadi pilihan yang cocok untuk beberapa situasi di mana kalian harus dapat langsung menghubungi seseorang.

 

Nah, itulah cara mengaktifkan fitur darurat di ponsel kalian. Semoga bermanfaat.

Artikel yang Direkomendasikan