Ini Beda Macbook Pro Vs Macbook Air yang Harus Anda Tahu Sebelum Membeli!


beda macbook pro vs macbook air


Bagi Anda yang ingin membeli perangkat laptop Mac besutan Apple, kadang dibuat bingung dengan banyaknya produk yang ditawarkan. Hal ini karena pilihan antara MacBook Air atau MacBook Pro bisa dibilang mirip dan hanya beda di spesifikasi. Beda macbook pro vs macbook air saja sudah membuat galau, apalagi saat ini sudah ada tambahan pilihan MacBook Pro dengan Retina Nah, buat Anda yang masih belum mengetahui secara detil perbedaan macbook pro dan macbook air, simak artikel ini ya!

Ini Beda Macbook Pro Vs Macbook Air yang Harus Anda Tahu Sebelum Membeli!

MacBook Air

Perangkat MacBook Air bisa dibilang sangat cantik dan ringan saat dibawa. Karena itu, MacBook Air cocok digunakan bagi Anda yang mobilitasnya cukup tinggi. MacBook Air memiliki desain yang kokoh dan efisien. PCIe nya membuat kinerja perangkat cepat dan responsif. Jika penggunaan Anda sebatas aktivitas normal seperti berselancar, menggunakan aplikasi aplikasi standar dan mungkin desain grafis sederhana yang ringan, MacBook Air sudah bisa menjadi pilihan yang lebih dari cukup.

Fitur MacBook Air tidak lagi memerlukan beberapa perangkat tambahan yang biasanya memerlukan biaya lebih. Selain itu, resolusi layarnya juga lebih baik dari MacBook Pro yaitu 1440×900 piksel.

Kelemahan dari MacBook Air adalah kapasitas penyimpanan yang mungkin tidak terlalu banyak, yaitu 128 GB. Memori ini terhitung kecil jika Anda menggunakan untuk aktivitas berat seperti desain, game dan lain sebagainya.

Namun, tentu tidak menjadi masalah jika Anda bisa menggunakan hard disk eksternal untuk memindahkan sebagian file. Kapasitas RAM pun juga hanya sekitar 4 GB saja. Untuk harga, MacBook Air ini dibanderol dengan harga berkisar 1.199 hingga 1.499 USD.

Baca Juga :  Mari Simak Spesifikasi Xiaomi Redmi 6 Pro dengan RAM 3GB Miliknya

Untuk port Ethernet juga tidak tersedia di MacBook Air. Untuk koneksi internet harus mengandalkan Wifi. Jika harus menggunakan LAN dengan kabel, maka harus pakai adapter USB Ethernet. Perlu diketahui juga bahwa remote infra red Apple tidak bisa digunakan untuk perangkat ini. Maka jika ingin menggunakan remote, bisa menggunakan iPhone atau iPad lewat Wifi.

MacBook Pro

Bagi Anda yang termasuk konvensional, yang ingin perangkatnya memiliki fitur lengkap seperti laptop pada umumnya, MacBook Pro bisa jadi pilihan. Misalnya yang memerlukan SuperDrive, port Firewire dan port Ethernet. Seperti namanya, Pro, perangkat ini memang cocok digunakan untuk penggunaan yang agak berat oleh kalangan profesional. Seperti misalnya untuk desain yang besar. Kemudian RAMnya pun bisa diupgrade hingga 16 GB.

Kapasitas penyimpanannya pun sangat ciamik, bisa 500 GB atau 750 GB bergantung pilihan Anda saat membeli. Meski berukuran sama, yaitu 13 inch, resolusi layarnya memang lebih kecil dari MacBook Air yaitu 1280×800 piksel.

Nah, dengan fitur yang lebih “wah”, tentu ada kompensasinya. MacBook Pro lebih berat sekitar 710 gram dibandingkan MacBook Air. Meski demikian, Macbook Pro cocok jika Anda senang menonton film lewat perangkat karena bisa pakai remote infra red yang memudahkan untuk mengendalikan.

Kesimpulan

Sebelum menuju konklusi, hal yang perlu Anda tahu adalah semua perangkat MacBook sekarang sudah dilengkapi dan dijual dengan Prosesor Intel Generasi Keempat atau dikenal dengan Intel Haswell. Prosesor ini adalah perbaikan dari chip Ivy Bridge. Dengan peningkatan ini, bisa membuat penggunaan baterai lebih hemat. Selai itu, pengolahan grafis juga lebih cepat hingga 40 persen dibanding sebelumnya.

Nah, jika Anda mencari perangkat yang ringan dan murah maka Anda bisa memilih MacBook Air. Jika Anda mencari yang murah dan bertenaga, maka pilihannya ada MacBook Pro. Jika Anda ingin yang ringan dan bertenaga serta tidak berkeberatan untuk menambah biaya, maka Anda bisa mengupgrade pilihan ke MacBook Pro yang Retina. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga :  Adu Gawai: Spesifikasi Redmi 6 Pro vs Oppo A3s, Mana Lebih Baik?